Hati-Hati! Telah Beredar Aplikasi Facebook Lite Bervirus Trojan!

Posted on

Hati-Hati! Telah Beredar Aplikasi Facebook Lite Bervirus Trojan! – Android.web.id – Penggemar aktifitas sosial media untuk Facebook yang menginginkan aplikasinya berjalan lebih ringan dan tidak terlalu banyak memakan resource smartphone Android, pasti memilih alternatif menggunakan Facebook Lite sebagai solusinya.

Disamping itu, menggunakan Facebook Lite juga akan menghemat kuota internet mobile data. Namun seiring kepopuleran aplikasi ini, terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk membuat aplikasi yang serupa namun mengandung virus trojan berbahaya.

Hati-Hati! Telah Beredar Aplikasi Facebook Lite Bervirus Trojan!

Mengambil rujukan data yang telah Android.web.id peroleh dari pembuat software anti virus Malwarebytes Labs menyebutkan bahwa, Mereka menyatakan virus yang ada pada aplikasi Facebook Lite palsu bekerja pada ponsel Android untuk mengambil data sensitif pribadi, dan pihak merekapun sudah membuktikan kebenaran hal ini. Sebuah aplikasi yang didalamnya terdapat virus trojan tersebut dapat anda simak pada link ini: Android/Trojan.Spy.FakePlay .

Baca: Google Assistant Resmi Rilis Untuk Android Marshmallow dan Nougat

Data apa saja yang terancam dicuri? data sensitif tersebut bisa berupa data akun internet banking, rekening, ataupun akun pembayaran anda seperti visa dan Paypal, data sensitif lain juga tidak menutup kemungkinan bisa tercuri dan dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk melakukan tindak kejahatan pada akun anda yang telah mereka curi.

Jika dilihat secara sekilas saja, penampilan performa dari aplikasi ini tidak ada bedanya sama sekali dari aplikasi aslinya. Hanya saja, aplikasi palsu ini menggunakan receiver yang berbeda (com.google.update.LaunchReceiver) dan layanan (com.google.update.GetInst).

Alamat receiver tersebut dipakai sebagai cara untuk mengakali Google Update. Kedua alamat tersebut juga akan secara tomatis berjalan pada ponsel saat dinyalakan dan terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, virus bekerja untuk mencuri data pribadi di ponsel dan mengirimkan data yang telah dicuri ke server milik atau telah dikontrol oleh pembuat virus.

Baca: Samsung Promosikan Chipset Exynos Berteknologi Dual-Kamera

Adakah langkah aman untuk mengatasi masalah aplikasi Facebook Lite bervirus ini? Caranya cukup mudah. Cukup dengan melakukan download aplikasi Facebook Lite melalui toko aplikasi Google Play Store dan bukan dari sumber situs pihak ketiga, dan jangan gunakan aplikasi penghasil dolar seperti Whaff dan sejenisnya, karena beberapa aplikasi yang ditawarkan dapat membahayakan smartphone android anda, karena beberapa aplikasi yang akan didownload akan mengarahkan anda pada halaman yang mirip Google Play Store namun palsu. Jika anda sudah mengaktifkan dan membolehkan install aplikasi dari pihak ketiga, maka lebih baik anda matikan saja untuk menjamin keamanan data anda.

Kasus virus trojan pada aplikasi penjiplak Facebook Lite ini terjadi dan tersebar luas dinegara CHina. Penyebarannya pun bisa terbilang masif, terutama pemerintah China memang membatasi akses Google, dan pengguna smartphone di China tidak bisa membuka Play Store dan terpaksa harus mengunduh aplikasi yang akan mereka install melalui situs pihak ketiga.

Baca: Cara Mudah Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp

Gravatar Image
Android.web.id adalah sebuah website yang menyajikan segala sesuatu tentang Android, mulai dari Berita Android, Smartphone Android, Gadget Android, Aplikasi Android, Games Android, Review, Tips & Trik.