Facebook Mulai Berantas Berita Hoax Dengan Cara Ini

Posted on

Facebook Mulai Berantas Berita Hoax Dengan Cara Ini – Android.web.id – Bagi kita pengguna Android yang menggunakan sosial media sebagai bagian dari hidup, sosial media seperti Facebook pasti sudah menjadi bagian dari salah satu dari sekian banyak aplikasi sosial media. Sebagai pengguna Facebook, pasti anda akan dipusingkan dengan berita yang meresahkan dan kebenaran dari berita tersebut asih diragukan.

Facebook

Facebook memang masih belum mengeluarkan fitur filter ampuh pada konten yang disajikan pada timeline Facebook penggunanya seperti anda. Bisa saja bagi sekelas perusahaan sosial media raksasa dengan talent pegawainya yang juga tidak main-main untuk memberantas berita yang masih diragukan kebenarannya. Namun, pihak Facebook masih belum menindak lajuti dan hanya mengambil tindakan dengan memberi peringatan saja pada setiap berita hoax tersebut.

Adapun bentuk tanda dari peringatan tersebut bisa dilihat oleh pengguna dengan sebuah tanda yang bertulislan “disputed” atau bisa diartikan sebagai “dapat diperdebatkan”. Tautan atau berita dan artikel yang telah mendapatkan tanda disputed berarti menandakan dan memberi pengguna Facebook bahwa informasi didalamnya masih perlu dilakukan pengecekan ulang.

Baca: Hati-Hati! Telah Beredar Aplikasi Facebook Lite Bervirus Trojan!

Penerapan fitur ini hanya salah satu langkah Facebook dalam menghadapi masalah maraknya berita hoa dan cara mereka untuk memperlihatkan sikap kehati-hatiannya saat mengahadapi suatu persoalan. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Recode yang mengayatakan bahwa penanda ini akan diikuti denan sebuah tautan yang membawa pengguna menuju situs khusus pencari fakta yang menjelaskan mengenai alasan mengapa berita tersebut dianggap palsu dan mendapatkan status disputed.

Contoh dari salah satu tanda tautan berita yang mendapatkan tanda “disputed” bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Berita Palsu Facebook
via Kompas Tekno

Facebook tidak hanya memasang tanda disputed pada artikel yang mengandung berita hoax, mereka juga memberikan tata cara pemasangan tanda tersebut. Secara singkat, cara menangani berita palsu tersebut terdiri dari tiga bagian yaitu:

Pertama, Sebelum artikel diberi tanda peringatan, terlebih dahulu akan memindai laporan pengguna mengenai berita terkait atau menggunakan sistem untuk mencari tahu keanehan dalam kandungan berita.

Kedua, Pihak Facebook akan meneruskan berita yang dinilai aneh tersebut kepada organisasi pencari fakta yang menjadi rekan mereka. Seperti contohnya organisasi bernama Snopes atau Politifact.

Ketiga, jika kedua langkah tersebut membuahkan hasil bahwa berita tersebut palsu, Facebook akan langsung memasang tanda disputed, jika sebaliknya maka akan tampi seperti biasa. Perlu diketahui, bahwa pada contoh praktik berita The Seattle Tribune yang menjadi contoh diatas tersebut sempat beredar tanpa ada tanda label.
Facebook hanya akan menempel label disputed pada berita tersebut setalah kedua organisasi yang menjalin kerjasama dengan facebook tersebut menyepakatinya.

Baca: Google Assistant Resmi Rilis Untuk Android Marshmallow dan Nougat

Namun sayangnya, anda jangan berharap bahwa fitur ini akan bisa diterapkan untuk pengguna di Indonesia, meskipun semakin banyak informsi yang meragukan dan meresahkan masyarakat.

Berita Hoax tersebut masih akan terus meneror anda dari hari kehari jika anda sendiri tidak berhati dan berhenti tidak mengambil tindakan sama sekali pada berita yang anda anggap meresahkan yang tampil pada timeline anda.
Seperti yang telah anda ketahui, atau tidak? bahwa berita palsu yang beredar di sosial media memiliki tujuan untuk menyedot trafik melalui sosial media, karena semakin trafik tinggi suatu website, maka akan berakibat pula pada meningkatnya pendapatan pembuat berita hoax yang mengunjungi situs mereka. Hal ini bisa anda lihat jika berita tersebut terdapat tautan atau link yang disamarkan atau hampir disamakan dengan media-media berita online besar unuk meyakinkan anda.

Jika-pun ada situs tersendiri yang akan menelusuri berita hoax atau berita palsu, tidak akan menutup kemungkinan juga kalau akan dimanfaatkan untuk menjatuhkan atau menyerang pihak tertentu. Jadi kesimpulan paling penting adalah, bahwa berita hoax hanya bisa anda atasi sendiri, menurut pendapat anda sendiri, dengan metode cocoklogi, berbasis pengetahuan, mencari fakta sendiri, atau hanya anda jadikan bahan ngerumpi.

Baca: Cara Mudah Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp

Gravatar Image
Android.web.id adalah sebuah website yang menyajikan segala sesuatu tentang Android, mulai dari Berita Android, Smartphone Android, Gadget Android, Aplikasi Android, Games Android, Review, Tips & Trik.