Cara Mudah Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp

Posted on

Cara Mudah Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp – Android.web.id – Mayoritas pengguna smartphone Android maupun iOS pasti telah menginstall dan menggunakan aplikasi WhatsApp. Ada kabar menarik buat anda penggunanya, WhatsApp telah resmi mengaplikasikan fitur yang serupa Snapchat di aplikasinya. Fitur tersebut sudah anda bisa anda nikmati dari sekarang jika anda sudah mengupdate aplikasi anda keversi yang lebih baru.

Cara Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp

Fitur ini bisa anda temukan pada update status dimana anda tidak hanya bisa mengupdate status WA berupa text saja, namun bisa berupa gambar foto, GIF dan juga video singkat. Namun berbeda dengan status di IG misalnya yang mana upload foto dan video anda bisa anda lihat kapan saja, sedangkan di WhatsApp status tersebut akan hilang dalam waktu 24 jam lamanya.

Hal ini bisa dibilang wajar, karena aplikasi ini memang ditujukan untuk pengguna chatting instan sebagai layanan andalannya. Anda tertarik untk mencoba fitur baru WhatsApp ini? berikut Android.web.id akan mengulas caranya untuk anda.

Cara Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp

  1. Update WhatsApp
    Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menikmati fiturnya adalah dengan mengupdate WA anda ke versi yang lebih baru. Pembaruan aplikasi bisa anda lakukan dengan melakukan update otomatis maupun secara manual dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store bagi pengguna Android, dan di Apple App Store (iOS) bagi anda pengguna iPad ataupun iPhone. Pada contoh tutorial ini, Android.web.id menggunakan OS Android untuk mencobanya.
  2. Buka WhatsApp
    Whatsapp-status

    Setelah anda install atau memperbaruinya, bukalah aplikasi WhatsApp. Setelah itu anda bisa menemukan tab “Status” yang berada antara tab “Chats” dan “Calls” dibagian atas antar muka WhatsApp. Ada juga tab ikon kamera yang berada pada sisi paling kiri.
  3. Buat dan Upload Konten

    Cara Mudah Membuat Status Foto, GIF dan Video di WhatsApp
    WhatsApp Status memungkinkan pengguna untuk mengupload foto, video pendek, dan GIF.

    Setelah anda membuka menu Status, anda bisa menguupload konten berupa foto, gambar animasi GIF, video berdurasi pendek melalui ikon kamera tadi. Stelah itu aplikasi akan mengarahkan anda ke kamera smartphone anda, lalu anda bisa memulai mengambil foto atau merekam video dengan durasi video maksimal berdurasi 35 detik.
    Selain anda bisa mengambilnya langsung dari kamera, anda juga bisa memilihnya dari media penyimpanan smartphone anda. Namun khusus untuk konten video, siapkanlah terlebih dahulu video dengan durasi maksimal 35 detik.

  4. Hias Konten

    Menghias foto dan video di WhatsApp
    Menghias foto dan video di WhatsApp

    Jangan kebutu diunggah dulu kontennya, difitur WhatsApp terbaru ini anda juga bisa menghiasi konten yang akan anda unggah dengan cara menambahkan beberapa teks, goresan warna-warni hingga menempelkan stiker, mirip seperti yang ada pada aplikasi Snapchat. Namun bedanya, WhatsApp masih belum memiliki fitur tambahan filter foto atau video.

  5. Unggah Konten
    Cara terkhir, pasanglah status konten anda dan lihat status teman. Anda bisa memilih apakah status anda tersebut bisa dilihat oleh semua list kontak WhatsApp anda atau hanya beberapa kontak yang anda pilih saja. Untuk melakukannya, anda bisa mengaturnya di menu pengaturan lalu pilih “Status Privacy”.

Baca: Fitur Google Play Store Baru: Bisa Dicoba Dulu Sebelum Beli

Selesai mengunggah konten status, saatnya anda melihat status yang dibagikan oleh teman anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi tab yang bertuliskan “Status”. Namun hal yang perlu anda ingat sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa konten yang anda bagikan keteman-teman anda hanya bertahan selama 24 jam saja, setelah itu konten akan dihapus secara otomatis oleh WhatsApp.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gravatar Image
Android.web.id adalah sebuah website yang menyajikan segala sesuatu tentang Android, mulai dari Berita Android, Smartphone Android, Gadget Android, Aplikasi Android, Games Android, Review, Tips & Trik.